Selasa, 29 November 2016

Menjadi Guru yang Baik



Menjadi seorang guru dituntut agar bisa menjadi contoh yang baik bagi murid-murid nya. Tentu saja setiap guru pasti ingin menjadi guru yang baik bagi murid-murid nya. Namun untuk menjadi seorang guru yang baik tidak semua guru menempuh jalan yang sama, pasti mereka memiliki cara masing-masing agar menjadi pedoman yang baik bagi muridnya.
Saya ingin menjadi seorang guru yang baik dan saya juga harus memiliki upaya agar saya bisa menjadi seorang guru yang baik yaitu saya ingin mengenal dekat tentang murid-murid saya terlebih dahulu. Bukan hanya sekedar mengetahui masing-masing nama dari mereka tetapi juga karakter dan latar belakang mereka. Jika saya sudah mengetahui itu semua maka saya dapat menangani mereka sesuai dengan karakter dari masing-masing. Saya ingin mereka terbuka dengan saya, menceritakan keluh kesahnya sehingga salah satu diantara mereka tidak menjadi anak yang pemurung dikalangan teman-teman nya.
Tidak semua anak gemar belajar, banyak diantara mereka yang tidak menguasai pelajaran. Faktor itu terjadi bisa saja karena konsep belajarnya yang monoton, sehingga mereka bosan terhadap pelajaran. Saya ingin mengubah konsep belajar yang menyenangkan bagi mereka, agar mereka lebih menyukai pelajaran. Jika ada anak yang kurang dalam bidang pelajaran, saya ingin memberikan suatu arahan atau pemahaman terhadap mereka bahwa belajar itu bukan hanya pelajaran yang ada di dalam sekolah saja namun diluar dari itu. Karena sesungguhnya tidak semua anak menguasai mata pelajaran sekolah tetapi setiap anak masing-masing memiliki bakat dan keinginannya untuk mengembangkan semua itu, dan saya selaku guru bagi mereka saya harus memberi petunjuk atas pilihan postif yang mereka inginkan.
Saya ingin menanamkan sebuah prinsip kepada mereka sejak dini bahwa keberhasilan seseorang dalam belajar itu bukan dilihat dari hasilnya tetapi dari proses yang dijalankan selama ini. Apakah hasil itu dari sebuah proses kejujuran atau bukan. Jika mereka mendapatkan hasil itu dari sebuah kejujuran maka mereka sudah berhasil. Menurut saya guru yang baik itu dapat memberikan dampak perubahan yang lebih baik terhadap siswanya. Maka itu sudah bisa disebut seorang guru yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar