Sabtu, 24 Desember 2016

Ciri-Ciri Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar

Perkembangan anak usia sekolah dasar (6-12 tahun) memiliki ciri-ciri perkembangan sebagai berikut:
1.        Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 7 Tahun
a.         Fisik
1)        Pandangan terbatas
2)        Bekerja dengan kepala diatas meja
3)        Mengenggam pensil (diujung)
4)        Dapat menulis dengan rapih
5)        Kadang-kadang tegang
6)        Suka ruang yang telah ditentukan
7)        Sering merasa terluka, bisa nyata atau pura-pura
b.        Sosial
1)        Suka menyendiri, tertutup
2)        Membutuhkan penguatan terus-menerus (aman dan teratur)
3)        Kadang murung, sedih, merajuk, malu
4)        Merasa tidak banyak orang yang menyukainya (berubah)
5)        Percaya pada guru untuk membantunya
6)        Sensitif pada perasaan orang lain, kadang suka mengadu
7)        Tidak suka melakukan kesalahan
8)        Kuat perasaan suka dan tidak suka
9)        Menjaga kerapian meja dan lingkungan
c.         Bahasa
1)        Pendengar yang baik
2)        Pembicara yang tepat
3)        Suka dialog/percakapan berpasangan
4)        Perkembangan kosa kata cepat
5)        Tertarik cari arti/maksud kata
6)        Suka sampaikan catatan kecil
7)        Berminat dengan bermacam-macam simbol
d.        Kognisi
1)        Suka mengulang pelajaran
2)        Butuh akhir kegiatan yang jelas (lengkapi dengan tugas)
3)        Suka berkerja secara bertahap (sedikit demi sedikit)
4)        Suka berkerja sendiri
5)        Suka dibacakan
6)        Suka menghapus (ingin sempurna)
7)        Ingin menemukan bagaimana suatu benda berkerja

2.        Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 8 Tahun
a.         Fisik
1)        Bergerak cepat, berkerja dengan tergesa-gesa
2)        Penuh dengan energi
3)        Perlu pelepasan energi secara fisik (kegiatan diluar ruangan)
4)        Kadang sedikit aneh
5)        Rentang konsentrasi terbatas
6)        Memiliki pandangan dekat dan jauh sama kuat
b.        Sosial
1)        Persifat sangat baik, penuh dengan humor
2)        Suka bekerja sama
3)  Sering “menggigit lebih dari yang bisa dikunyah” salah dalam memperkirakan kemampuan mereka
4)        Resisten (bertahan) membuat alasan dengan cepat ketika membuat kesalahan
5)        Lebih suka kegiatan yang sama dengan teman sejenis
6)        Bermasalah dengan aturan dan batasan-batasan
7)        Kelompok pertemanan lebih banyak dari usia 7 tahun
c.         Bahasa
1)        Bicara aktif
2)    Mendengarkan tapi penuh dengan gagasan sehingga tidak dapat selalu ingat apa yang telah dikatakannya
3)        Melebih-lebihkan dalam bicara
4)        Suka dalam menjelaskan gagasan
5)        Perluasan kosa kata yang sangat cepat
d.        Kognisi
1)        Suka kegiatan kelompok
2)        Suka menghasilkan sesuatu
3)        Sering berkerja dengan keras/kuat
4)        Mulai mahir dalam keterampilan dasar
5)        Mulai merasakan kemampuan keterampilan
6)        Bertambah bagus dalam melakukan operasi konkret

3.        Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 9 Tahun
a.         Fisik
1)        Meningkat dalam koordinasi geraknya
2)        Tertantang melakukan kegiatan fisik sekuatnya (memaksa)
3)        Sering terluka
4)        Banyak mengeluh pada tubuhnya
5)        Menunjukkan kegelisahan dengan menggigit kuku, gigit bibir, memilin-milin rambut
b.        Sosial
1)        Sangat tinggi dalam kompetitif
2)        Self aware
3)        Tidak sabar
4)        Sering merasa khawatir, cemas
5)        Membuka jarak dengan orang lain
6)        Sering mengeluh, masalah persamaan
7)        Melihat orang dewasa secara tidak konsisten dan sebagai kontrol
8)        Kritis
9)        Sering marah dan berubah-ubah emosinya
10)    Individualistik
c.         Bahasa
1)        Menggunakan kata-kata bersifat deskripsi
2)        Senang bermain dalam kata dan bahasa serta informasi
3)        Bahasa seperti bayi kadang muncul kembali
4)        Menggunakan kata-kata yang melebih-lebihkan
5)        Saat banyak menggunakan kata-kata negatif seperti: aku benci itu, aku tidak bisa, bosan, iya ya
6)        Senang bercanda yang sifatnya jorok
7)        Mencampuradukan bahasa ketika berbicara
d.        Kognisi
1)        Senang menghasilkan sesuatu dan mengoreksi diri sendiri
2)        Mulai mengenal dunia yang lebih luas
3)        Sedikit berimajinasi
4)        Rasa ingin tahu secara intelektual
5)        Mampu beradaptasi dengan beberapa kondisi yang dia hadapi
6)        Bermasalah dengan kondisi abstrak, angka-angka yang banyak, masa waktu dan ruang

4.        Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 10 Tahun
a.         Fisik
1)        Perkembangan otot besar
2)        Sangat membutuhkan waktu diluar ruangan dan tantangan fisik
3)        Tulisan tangan cenderung tidak rapi (jika dibandingkan dengan usia 9 tahun)
4)        Makanan ringan dan waktu istirahat membantu pertumbuhan tubuhnya
b.        Bahasa
1)        Pendengar yang baik
2)        Banyak membaca
3)        Ekspresif, suka menjelaskan, aktif berbicara
4)        Berkerja sama dan bersaing
5)        Bersahabat, bergembira
c.         Kognisi
1)        Daya ingat cukup produktif
2)        Kemampuan pada hal yang abstrak mulai meningkat
3)        Menyukai aturan dan hal-hal yang masuk akal
4)        Mengklasifikasi dan mengumpulkan hal-hal yang disukai, suka menyusun
5)        Mampu konsentrasi dengan baik, bisa membaca dalam waktu yang relatif lama
6)        Menjadi orang yang mampu menyelesaikan masalah dengan baik
7)        Bangga dengan hasil akademiknya

5.        Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 11 Tahun
a.         Fisik
1)        Meningkatnya nafsu makan, kegiatan dan bicara
2)        Munculnya pubertas pada sebagian anak perempuan
3)        Gerakan yang stabil, kurang waktu istirahat
4)        Sering kena flu dan terkadang infeksi telinga
5)        Butuh istirahat yang cukukp
6)        Agak kurang menggunakan kekuatan fifik
7)        Kemampuan motorik halusnya baik
b.        Sosial
1)        Peka, emosinya tidak stabil
2)        Berseberangan pendapat
3)        Senang berada diluar rumah
4)        Selalu mengikuti kata hati, kasar dan kurang peduli
5)        Suka berargumentasi
6)        Kesulitan membuat keputusan
7)        Memahami keadaan dirinya
8)        Emosional
9)        Mudah masuk/keluar dari kelompoknya
c.         Bahasa
1)        Senang berbicara ditelpon
2)        Selalu menuruti kata hati, bicara sebelum dipikirkan
3)        Bicara kasar
4)        Suka berargumen, pendebat ulung
5)        Apresiatif terhadap humor
6)        Mengadopsi bahasa orang dewasa
d.        Kognisi
1)  Suka tugas baru dan berpengalaman untuk merefleksikan atau memperbaiki tugas berikutnya
2)        Dapat berpikir abstrak
3)        Mahir memberikan alasan
4)        Dapat membangun dan memodifikasi aturan
5)      Memusatkan perhatian pada pengembangan bakat dan memandang dunia dari berbagai segi
6)        Suka berargumentasi

6.        Ciri-Ciri Perkembangan Anak Sekolah Dasar Usia 12 Tahun
a.         Fisik
1)        Energi tinggi
2)        Butuh banyak istirahat
3)        Dorangan pertumbuhan, tanda pubertas
4)        Makan itu sangat dipentingkan (snack pagi disekolah)
5)        Pendidikan jasmani sangat dibutuhkan
b.        Sosial
1)        Mulai tampak kepribadian orang dewasa
2)        Dapat memberikan alasan yang lebih masuk akal
3)        Antusias dan tidak malu-malu
4)        Berinisiatif untuk kegiatannya sendiri
5)        Empati
6)        Peduli pada dirinya dan sangat pengertian
7)        Dapat membuat tujuan yang nyata dalam waktu singkat
8)        Muncul rasa aman terhadap dirinya
9)        Teman sebaya lebih penting daripada guru
c.         Bahasa
1)        Muncul kekasaran (sarkasme)
2)        Memiliki makna ganda, bermain kata-kata, bercanda sesuai kemampuan mereka
3)        Asyik ngobrol dengan orang dewasa atau teman sebaya dengan bahasa “gaul”
d.        Kognisi
1)        Kemampuan memahami hal yang abstrak meningkat
2)        Muncul kemampuan pada keterampilan/area tertentu
3)        Dapat dan akan melihat dua sisi dari sebuah argumen
4)        Sangat tertarik pada hal-hal yang baru politik, keadilan sosial
5)  Meneliti dan mempelajari keterampilan sebelumnya dengan meningkatkan disiplin pengorganisasian


SUMBER:
Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar