Secara ideal, dalam
rangka pencapaian perkembangan kebutuhan diri siswa, sekolah seyogyanya dapat
menyediakan dan memunuhi berbagai kebutuhan siswanya, yaitu sebagai berikut :
·
Kebutuhan Jasmani
- Memberikan
pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya hidup sehat dan teratur
- Menanamkan
kesadaran kepada peserta didik agar mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi
dan vitamin yang tinggi
- Memberikan
waktu peserta didik untuk beristirahat
- Memberikan
pendidikan jasmani
- Memberikan
berbagai sarana disekolah agar peserta didik dapat bergerak bebas, bermain,
berolah raga dan lain-lain
- Membuat
bangunan sekolah dengan memperhatikan sirkulasi udara, pencahayaan, sehingga
peserta didi dapat belajar dan beraktivitas dengan nyaman
- Mengatur
tempat duduk mereka sesuai dengan keadaan fisik mereka
- Menyediakan
ruangan kelas dengan kapasitas yang memadai
- Menyediakan
kamar mandi/toilet dalam jumlah yang seimbang
- Menyediakan
ruangan dan latihan untuk istirahat bagi siswa yang kondusif dan representative
·
Kebutuhan Rasa Aman
- Sikap
guru: menyenangkan, mampu menunjukkan penerimaan terhadap siswanya, dan tidak
menunjukkan ancaman atau bersifat menghakimi
- Adanya
ekspetasi yang konsisten
- Mengendalikan
perilaku siswa dikelas/sekolah dengan menerapkan sistem pendisiplinan siswa
secara adil
- Lebih
banyak memberikan penguatan perilaku melalui pujian/ganjaran
·
Kebutuhan Akan Kasih
Sayang
- Sekolah
mengembangkan situasi yang memungkinkan terciptanya kerjasama mutualistik dan
saling percaya diantara siswa
- Sekolah
dapat menyelenggarakan class meeting, melalui berbagai forum seperti olahraga
atau kesenian
- Sekolah
mengembangkan diskusi kelas yang tidak hanya untuk kepentingan pembelajaran
- Sekolah
mengembangkan tutor sebaya
- Sekolah
mengembangkan bentuk-bentuk ekstra kurikuler yang beragam
·
Kebutuhan Akan
Penghargaan
- Menghargai
anak sebagai pribadi yang utuh
- Menghargai
pendapat dan pilihan siswa
- Menerima
kondisi siswa apa adanya serta menempatkan mereka pada suatu kelompok sesuai
dengan pilihan mereka sendiri
- Guru
harus menunjukkan kemampuan secara maksimal dan penuh percaya diri
- Guru
harus mengembangkan konsep diri siswa yang positif
- Memberikan
penilaian kepada siswa secara objektif
- Menyediakan
program makan siang yang higienis, murah atau bahkan gratis
·
Kebutuhan Akan Rasa
Bebas
- Memberikan
kesempatan kepada para siswa untuk melakukan yang terbaiknya
- Memberikan
kebebasan kepada siswa untuk menggali dan menjelajah kemampuan dan potensi yang
dimilikinya
- Menciptakan
pembelajaran yang bermakna dikaitkan dengan kehidupan nyata
- Perencanaan
dan proses pembelajaran yang melibatkan aktivitas meta kognitif
- Melibatkan
siswa dalam proyek atau kegiatan “self expressive” dan kreatif
·
Kebutuhan Akan Rasa
Sukses
-
Menyenangi situasi
dimana ia bertanggung jawab atas segala perbuatannya
-
Menyenangi umpan balik
yang cepat, nyata dan efisien atas segala perbuatan
-
Dalam menentukan
prestasinya ia lebih memilih resiko yang besar
-
Berusaha melakukan
sesuatu dengan cara yang baru dan kreatif
-
Mempunyai rasa ingin
tahu yang tinggi
SUMBER:
Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar