Sabtu, 24 Desember 2016

Implikasi Kebutuhan Individu Peserta Didik terhadap Pendidikan

Secara ideal, dalam rangka pencapaian perkembangan kebutuhan diri siswa, sekolah seyogyanya dapat menyediakan dan memunuhi berbagai kebutuhan siswanya, yaitu sebagai berikut :
·           Kebutuhan Jasmani
-       Memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang pentingnya hidup sehat dan teratur
-      Menanamkan kesadaran kepada peserta didik agar mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi dan vitamin yang tinggi
-       Memberikan waktu peserta didik untuk beristirahat
-       Memberikan pendidikan jasmani
-   Memberikan berbagai sarana disekolah agar peserta didik dapat bergerak bebas, bermain, berolah raga dan lain-lain
-    Membuat bangunan sekolah dengan memperhatikan sirkulasi udara, pencahayaan, sehingga peserta didi dapat belajar dan beraktivitas dengan nyaman
-       Mengatur tempat duduk mereka sesuai dengan keadaan fisik mereka
-       Menyediakan ruangan kelas dengan kapasitas yang memadai
-       Menyediakan kamar mandi/toilet dalam jumlah yang seimbang
-       Menyediakan ruangan dan latihan untuk istirahat bagi siswa yang kondusif dan representative
·           Kebutuhan Rasa Aman
-    Sikap guru: menyenangkan, mampu menunjukkan penerimaan terhadap siswanya, dan tidak menunjukkan ancaman atau bersifat menghakimi
-       Adanya ekspetasi yang konsisten
-       Mengendalikan perilaku siswa dikelas/sekolah dengan menerapkan sistem pendisiplinan siswa secara adil
-       Lebih banyak memberikan penguatan perilaku melalui pujian/ganjaran
·           Kebutuhan Akan Kasih Sayang
-    Sekolah mengembangkan situasi yang memungkinkan terciptanya kerjasama mutualistik dan saling percaya diantara siswa
-      Sekolah dapat menyelenggarakan class meeting, melalui berbagai forum seperti olahraga atau kesenian
-       Sekolah mengembangkan diskusi kelas yang tidak hanya untuk kepentingan pembelajaran
-       Sekolah mengembangkan tutor sebaya
-       Sekolah mengembangkan bentuk-bentuk ekstra kurikuler yang beragam
·           Kebutuhan Akan Penghargaan
-       Menghargai anak sebagai pribadi yang utuh
-       Menghargai pendapat dan pilihan siswa
-     Menerima kondisi siswa apa adanya serta menempatkan mereka pada suatu kelompok sesuai dengan pilihan mereka sendiri
-       Guru harus menunjukkan kemampuan secara maksimal dan penuh percaya diri
-       Guru harus mengembangkan konsep diri siswa yang positif
-       Memberikan penilaian kepada siswa secara objektif
-       Menyediakan program makan siang yang higienis, murah atau bahkan gratis
·           Kebutuhan Akan Rasa Bebas
-       Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk melakukan yang terbaiknya
-      Memberikan kebebasan kepada siswa untuk menggali dan menjelajah kemampuan dan potensi yang dimilikinya
-       Menciptakan pembelajaran yang bermakna dikaitkan dengan kehidupan nyata
-       Perencanaan dan proses pembelajaran yang melibatkan aktivitas meta kognitif
-       Melibatkan siswa dalam proyek atau kegiatan “self expressive” dan kreatif
·           Kebutuhan Akan Rasa Sukses
-            Menyenangi situasi dimana ia bertanggung jawab atas segala perbuatannya
-            Menyenangi umpan balik yang cepat, nyata dan efisien atas segala perbuatan
-            Dalam menentukan prestasinya ia lebih memilih resiko yang besar
-            Berusaha melakukan sesuatu dengan cara yang baru dan kreatif
-            Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi

SUMBER:

Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar