Jumat, 23 Desember 2016

Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan peserta didik memiliki tujuan, di antaranya sebagai berikut :
1.        Untuk mengetahui tingkah laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/ perkembangannya
2.        Untuk mengetahui tingkat kemampuan individu pada setiap fase perkembangannya
3.        Untuk mengetahui kapan individu bias diberi stimulus pada tingkat perkembangan tertentu
4.        Agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak
5.        Khusus bagi guru, agar dapat memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak, terutama dalam kegiatan proses belajar mengajar
6.        Memberikan, mengukur dan menerangkan perubahan dalam tingkah laku serta kemampuan yang sedang berkembang sesuai dengan tingkat usia dan yang mempunyai ciri-ciri universal, dalam artian yang berlaku bagi anak-anak dimana saja dalam lingkungan sosial budaya mana saja
7.        Mempelajari karakteristik umum perkembangan peserta didik, baik secara fisik, kognitif, maupun psikososial
8.        Mempelajari perbedaan-perbedaan yang bersifat pribadi pada tahapan, atau masa perkembangan tertentu
9.        Mempelajari tingkah laku anak pada lingkungan tertentu yang menimbulkan reaksi yang berbeda
10.    Mempelajari penyimpangan tingkah laku yang dialami seseorang, seperti kenakalan-kenakalan, kelainan-kelainan dalam fungsionalitas inteleknya, dan lain-lain.

Psikologi perkembangan memiliki 3 fungsi sebagai ilmu, yaitu:
1.        Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif.
2.        Memprediksikan, yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimilasi.
3.        Pengendalian, yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi serta rehabilitasi atau perawatan.

Menurut Hurlock, beberapa manfaat psikologi perkembangan adalah sebagai berikut:
1.        Membantu apa yang diharapkan oleh anak dan kapan yang diharapkan itu muncul
2.        Dengan apa yang diharapkan dari anak, memungkinkan untuk menyusun pedoman dalam bentuk skala tinggi-berat, usia-berat, usia-mental, dan skala perkembangan sosial atau emosional
3.        Memungkinkan para orang tua atau guru memberikan bimbingan belajar yang tepat
4.        Mengetahui perkembangan yang normal pada anak.

SUMBER:
Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar