Jumat, 23 Desember 2016

Perbedaan Individual Peserta Didik

Secara umum, perbedaan individual dibagi menjadi dua, yaitu perbedaan secara vertikal dan perbedaan secara horizontal. Perbedaan vertikal adalah perbedaan individu dalam aspek jasmaniah. Perbedaan horizontal adalah perbedaan individu dalam aspek mental. Berikut beberapa aspek perbedaan individu peserta didik, yaitu:
1.        Perbedaan Fisik-Motorik
Perbedaan individual dalam fisik tidak hannya terbatas pada aspek-aspek yang teramati oleh pancaindra, melainkan juga mencakup aspek-aspek fisik yang tidak dapat diamati melalui pancaindra. Perbedaan aspek fisik juga dapat dilihat dari kesehatan peserta didik, seperti kesehatan mata dan telinga.
2.        Perbedaan Inteligensi
Intelegensi adalah salah satu kemampuan mental, pikiran atau intelektual dan merupakan bagian dari proses kognitif pada tingkatan yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil tes inteligensi, peserta didik dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Anak Genius
IQ di atas 140
Anak Pintar
110-140
Anak Normal
90-110
Anak Kurang Pintar
70-90
Anak Debil                 
50-70
Anak Dungu
30-50
Anak Idiot
IQ di bawah 30
3.        Perbedaan Kecakapan Bahasa
Kemampuan berbahasa anak didik berbeda-beda, ada yang berbicara dengan lancer, singkat dan jelas, ada pula yang gagap, berbicara, berbelit-belit dan tidak jelas. Faktor yang mempengaruhi perbedaan kecakapan berbahasa anak, yaitu faktor kecerdasan, pembawaan, lingkungan fisik, terutama organ bicara, dan sebagainya.
4.        Perbedaan Psikologis
Perbedaan psikologis peserta didik juga terlihat dari aspek psikologisnya. Ada anak yang mudah tersenyum, gampang marah, berjiwa sosial, sangat egoistis, cengeng, pemalas, rajin dan ada pula anak yang pemurung. Cara yang mungkin dilakukan adalah dengan melakukan pendekatan kepada peserta didik secara pribadi.

SUMBER:
Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar