Jumat, 23 Desember 2016

Psikologi Perkembangan

Pengertian Psikologi Perkembangan
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuandan ilmu terapan yang mempelajari mengenai prilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain itu juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku.
Psikologi perkembangan adalah suatu ilmu yang merupakan dari bagian psikologi. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi khusus, yaitu psikologi mempelajari kekhususan dari tingkah laku individu. Satu cabang dari psikologi yang ditunjukkan untuk memahami semua perubahan yang terkait dari pertambahan usia yang dialami oleh manusia sepanjang rentang kehidupan, yang perubahan didalam kepribadian, moral, dan proses berpikir.

Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Peserta Didik
1.    Pertumbuhan Fisik, merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang dan terjadi sejak anak sebelum lahir hingga dewasa.
2.    Perkembangan Intelektual, merupakan kemampuan berpikir dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik.
3.    Emosi dan Perasaan, merupakan salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusia dalam hidupnya atau dalam pertumbuhannya dan perkembangan manusia.
4.    Sosial, manusia sebagai makhluk sosial yang dalam keadaanya tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain.
5.    Bahasa, sebagai alat komunikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain.
6.    Bakat Khusus, merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seseorang individu yang hanya dengan rangsangan atau sedikit latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik.
7.    Sikap, Nilai, dan Moral, semakin tumbuh dan berkembang fisik dan psikisnya, anak mulai dikenalkan terhadap nilai-nilai, ditunjukkan hal-hal yang benar dan salah.
Faktor yang mempengaruhi perkembangan individu, yaitu:
1.        Faktor Hereditas (Faktor bawaan atau genetik)
2.        Faktor Lingkungan
3.        Faktor Gabungan (Hereditas dan Lingkungan)

SUMBER:

Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar