Minggu, 25 Desember 2016

Kepentingan Pendidikan Seumur Hidup

Dikekemukakan bahwa pendidikan seumur hidup akan meningkatkan persamaan distribusi pelayanan pendidikan, memiliki implikasi ekonomi yang menyenangkan,alternatif dalam menghadapi struktur sosial yang cenderung selalu berubah, mengantarkan pada peningkatan kualitas hidup, dan sebagainya.
Berikut ini akan dikemukakan beberapa hal perlunya pendidikan seumur hidup :
1.        Pertimbangnya Ekonomi
Dengan terus berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia pendidikan punterus berkembang.Perkembangan ini semakin berkompetisinya lembaga-lembaga pendidikan terutama dalam hal kualitas.
2.        Keadilan
Upaya untuk menuruti keinginan memang senantiasa dilakukan, karena bagaimanapun bagi negara-negara yang berkembang , pendidikan yang dikembangkan merupakan warisan pemerintah kolonial tentu saja membatasi perkembangan nasional dalam kesamaan hak untuk mendapat pendidikan.  
3.        Faktor Peranan Keluarga
Satu hal yang tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kondisi seperti sekarang ini, di berbagai sektor kehidupan telah terjadi pergeseran atau perubahan, termasuk dalam hal ini kelurga dalam segala poeranan. Dalam masalah ini harus diperhatikan bahwa penekanan peranan seumur hidup sebagai pembantu keluarga, berarti akan memperluas sistem pendidikan agar dapat menjangkau anak-anak awal dan orang dewasa.
4.        Faktor Perubahan Peranan Sosial
Meskipun antara keluarga dengan keadaan sosial di luarnya mempunyai hubungan yang erat, tetapi perubahan yang terjadi dan dialami keduanya cukup berbeda.   Dengan demikian, dalam hal ini pendidkan harus berisi elemen penting yang kuat dan memainkan peranan sosial yang amat beragam untuk mempermudah indivindu melakukan penyesuaian terhadap perubahan hubungan antara mereka dengan orang lain.
5.        Perubahan Teknologi
Sebenarnya berbicara tentang teknologi berhubungan erat dengan faktor-faktor tersebut diatas, sebab bagaimanapun terjadi perubahan peranan keluarga maupun keadaan sosial diluarnya, salah satu penyebab utamanya perkembangnya teknologi yang berlangsung dengan cepat.
6.        Faktor-faktor Vocational
Ada beberapa alasan yang menyatakan bahwa salah satu unsur kejuruan di masa mendatang akan mengalami perubahan, yakni keterampilan kejuruan yang cepat laku dan terjadinya perubahan tidak hanya pada generasi mendatang, tetapi juga terjadi pada generasi yang akan datang.
7.        Kebutuhan-kebutuhan Orang Dewasa
Sekarang ini orang dewasa mengalami efek cepatnya perubahan dalam bidang keterampilan yang mereka miliki, misalnya ancaman keusangan membayangi banyak pekerja, dan hal ini tidak hanya terjadi pada pekerja-pekerja kasar, tetapi justru merambah kepada orang yang sudah profesional.Oleh karenaitu, sistem pendidikan diupayakan diorganisasi sedemikian rupauntuk membantu belajar masa dewasa diberbagai tingkatan masyarakat.
8.        Kebutuhan Anak-anak Awal
Kelompok usia anak-anak awal merupakan kelompok umur kedua di luar masa persekolahan yang normalnya tersedia. Menurut peraturan pemerintah pendidikan prasekolah bertujuan, “untuk membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan, dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya ”.

SUMBER:
Arief S.Sadiman.2010.Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya.Jakarta: Rajawali Pers.
Buchari Alma,2009.Kewirausahaan.Bandung: Alfabeta
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Idris, Zahara.1981.Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Angkasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar