Jumat, 23 Desember 2016

Pendekatan Pemahaman dalam Psikologi Perkembangan dan Kebutuhan Peserta Didik

Untuk mengetahui suatu perkembangan dan pertumbuhan manusia baik secara kuantitatif maupun kualitatif dari manusia tersebut maka dilakukan pendekatan-pendekatan dan metode-metode tertentu.
Pembahasan mengenai pendekatan yang lebih umum mengandung 2 pengertian yaitu memberikan lebih banyak data mengenai keseluruhan perkembangan atau beberapa aspeknya, dan meninjau pengaruh faktor endogen (bawaan) dan eksogen (lingkungan, khususnya kebudayaan) bagi perkembangan seseorang.
Pendekatan yang lebih umum memberikan pengertian akan keseluruhan proses perkembangan atau beberapa aspeknya, misalnya perkembangan intelektual, atau pengertian kan faktor endogen dan eksogen bagi perkembangan seseorang.
Adapun pendekatan psikologi perkembangan dapat diuraikan sebagai berikut:
1.        Pendekatan Longitudinal
Pendekatan longitudinal adalah pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidi perkembangan manusia dalam jangka waktu yang lama atau sebagian waktu dari hidup manusia tersebut, misalnya mengikuti perkembangan seseorang dari lahir sampai akhir hidupnya atau sebagian dari hidupnya.
2.        Pendekatan Transversal atau Cross-Sectional
Pendekatan dalam penelitian yang dilakukan dengan cara menyelidiki perkembangan manusia dari beberapa kelompok dalam jangka waktu yang relatif singkat. Pada pendekatan ini, penelitian dilakukan terhadap beberap asubjek yang dikelompokkan, misalnya dikelompokkan menurut usia subjek yang diteliti secara berurutan (14 tahun, 15 tahun, 17 tahun).
3.        Pendekatan sekuensial
Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk membandingkan perbedaan individual dan perkembangan, kombinasi dari longitudinal dan cross-sectional dapat menyajikan gambaran perkembangan yang lebih lengkap daripada dilakukan pendekatan secara terpisah.
4.        Pendekatan Cross-Culture (Lintas-Budaya)
Pendekatan dalam penelitian yang mempertimbangkan faktor-faktor lingkungan maupun kebudayaan yang dapat mempengaruhi perkembangan manusia. Pendekatan ini dilakukan terhadap beberapa kelompok yang berbeda latar belakang kebudayaannya, melalui percobaan maupun tes pengumpulan data.

SUMBER:

Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar