Jumat, 23 Desember 2016

Fungsi Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik

1.    Kita akan mempunyai ekspekstasi yang nyata tentang anak dan remaja.
2.    Pengetahuan tentang psikologi perkembangan anak membantu kita untuk merespons sebagaimana mestinya pada perilaku tertentu dari seorang anak.
3.    Pengetahuan tentang perkembangan anak akan membantu mengenali berbagai penyimpangan dari perkembangan yang normal.
4.    Dengan mempelajari perkembangan anak akan membantu memahami diri sendiri.
Aspek-Aspek Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik, yaitu:
a.    Pertumbuhan Fisik, baik secara langsung ataupun tidak langsung akan mempengaruhi perilaku anak sehari-hari. Secara langsung seperti keterampilan anak dalam bergerak, secara tidak langsung yaitu bagaimana anak memandang dirinya sendiri dan bagaimana ia memandang orang lain.
b.    Kecerdasan (Intelek), merupakan kata lain piker, berkembang sejalan dengan pertumbuhan syaraf otak. Istilah lain yaitu, kemampuan berpikir, dipengaruhi oleh kematangan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik.
Tahap-tahap perkembangan kognitif, menurut Piaget yaitu:
1.    Masa sensori motor (0,00-2,50 tahun), masa ketika bayi menggunakan sistem penginderaan dan aktivitas motorik untuk mengenal lingkungannya.
2.    Masa pra-operasional (2,00-7,00 tahun), kemampuan anak menggunakan simbol yang mewakili sesuatu yang tidak ada.
3.    Masa konkret-operasional, (7,00-11,00 tahun), anak mulai mengembangkan tiga  macam operasi berpikir yaitu, identifikasi (menganali sesuatu), negasi (mengingkari sesuatu), reprokasi (mencari hubungan timbal balik antara beberapa hal).
4.    Masa operasional (11,00-dewasa), memperkirakan apa yang mungkin terjadi ia dapat mengambil kesimpulan dari suatu pernyataan yang telah ditentukan.
c.    Temperamen (Emosi), rasa dan perasaan adalah salah satu potensi yang khusus dimiliki oleh manusia. Temperamen adalah gaya atau perilaku karakteristik individu dalam merespons.
d.   Sosial, manusia sebagai makhluk sosial yang dalam keadaanya tentu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari manusia lain.
e.    Bahasa, sebagai alat komunikasi juga dapat diartikan sebagai tanda, gerakan, suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain.
f.     Bakat Khusus, merupakan kemampuan tertentu yang dimiliki oleh seseorang individu yang hanya dengan rangsangan atau sedikit latihan, kemampuan itu akan dapat berkembang dengan baik.
g.    Sikap, Nilai, dan Moral, semakin tumbuh dan berkembang fisik dan psikisnya, anak mulai dikenalkan terhadap nilai-nilai, ditunjukkan hal-hal yang benar dan salah.
h.    Interaksi Keturunan dan Lingkungan dalam Perkembangan, keturunan dan lingkungan berjalan bersama atau bekerja sama dan menghasilkan individu dengan kecerdasan, temperamen tinggi dan berta badan, minat yang khas.

SUMBER:

Dr. M. Hosnan, Dipl.Ed.,M.Pd. 2016. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar