Jumat, 23 Desember 2016

Peran Guru Dalam Menciptakan Lingkungan Sekolah yang Kondusif

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh guru sebagai pengajar adalah lingkungan sekolah yang kondusif. Karena hal ini dapat membantu segala kegiatan disekolah berjalan dengan baik dan lancar. Termasuk kegiatan dalam mengajar. Lingkungan sekolah yang tidak kondusif sudah menjadi masalah yang sering dialami oleh setiap sekolah. Baik Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah Menengah Atas.
Adapun penyebab sekolah menjadi tidak kondusif yaitu lokasi sekolah yang berada terlalu dekat dengan keramaian, seperti pinggir jalan raya, pasar/pabrik yang dapat mengganggu konsentrasi siswa dalam belajar, sekolah yang kotor juga membuat lingkungan sekolah menjadi tidak kondusif, karena akan mengakibatkan munculnya bau tak sedap dan ketidak nyamanan siswa dalam belajar. Bukan hanya dilingkungan sekolah saja, tetapi didalam kelaspun dapat mengakibatkan kegiatan belajar mengajar tidak kondusif karena kegaduhan atau keributan yang biasa dilakukan oleh siswa dapat menggangu siswa lainnya yang sedang serius dalam belajar.
Disini peran guru sangatlah penting, guru harus menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif, agar kegiatan belajar mengajar disekolah berjalan dengan lancar. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif. Yaitu jika lingkungan sekolah berada didekat keramaian, sebisa mungkin saat mengajar guru harus memiliki power (energi) yang besar agar suara guru tidak kalah dengan suara kebisingan diluar sana dan juga guru harus mengarahkan fokus siswa terhadap guru dengan menciptakan kegiatan pembelajaran yang menarik seperti menggunakan media, sehingga perhatian siswa tidak teralihkan dan apa yang sudah dijelaskan oleh guru, tersampaikan kepada siswa. Selain itu pastikan pengawasan pihak sekolah terutama guru lebih ketat terhadap siswa agar siswa tidak sembarangan pergi keluar, seperti jalan raya karena itu akan membahayakan mereka.
Guru harus lebih kreatif lagi agar siswa tidak bosan dan lebih memperhatikan guru. Sebisa mungkin guru harus membuat pandangan siswa tertuju pada materi yang dijelaskan oleh guru. Materi yang diberikan oleh guru harus selalu diperbaharui. Guru juga harus bisa menjangkau pandangannya kepada siswa agar guru dapat mengetahui siswa yang tidak memperhatikannya.
Lingkungan sekolah yang kotor juga membuat pembelajaran menjadi tidak kondusif, guru dapat berperan dengan mengajak dan menghimbau siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah bersama-sama, tidak membuang sampah sembarangan dan juga menanam tanaman-tanaman hijau agar terciptanya lingkungan sekolah yang bersih, hijau dan sehat. Sehingga pembelajaran menjadi kondusif karena siswa dapat menghirup udara bersih.

Banyak sekali peran yang dapat dilakukan oleh guru untuk dapat menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif. Tetapi sebagai seorang siswa juga dituntut agar dapat ikut serta dalam menciptakan lingkungan sekolah yang kondusif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar