Minggu, 25 Desember 2016

Pendidikan Seumur Hidup dalam Berbagai Perspektif

Cukup banyak dasar-dasar pemikiran yang menyatakan bahwa pendidikan seumur hidup atau long life education sangat penting. Dasar-dasar pemikiran tersebut ditinjau dari berbagai diantaranya :
1)        Tinjauan Idiologis
Pendidikan seumur hidup akan memungkinkan seseorang mengembangkan potensinya sesuai dengan kebutuhan hidupnya. Pada dasarnya semua manusia dilahirkan ke dunia mempunyai hak yang sama, khususnya hak untuk mendapatkan pendidikan dan peningkatan pengetahuan dan keterampilannya.
2)        Tinjauan Ekonomis
Pendidikan merupakan cara yang paling efektif untuk keluar dari lingkungan yang menyeret kepada kebodohan dan kemlaratan. Pendidikan seumur hidup dalam konteks ini memungkinkan seseorang untuk:
a.         Meningkatkan produktifitasnya
b.        Memelihara dan mengembangkan sumber-sumberyang dimilikinnya
c.         Memungkinkan hidup dalam lingkungan yang lebih sehat dan meyenangkan.
3)        Tinjauan Sosiologis
Pada umunya di negara-negara sedang berkembang ditemukan masih banyak orang tua yang kurang menyadari akan pentingnya pendidkan formal bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, anak-anak mereka yang kurang mendapatkan pendidikan formal, putus sekolah, dantidak sekolah sama sekali. Dengan demikian, pendidikan seumur hidup kepada orang tua akan merupakan solusi dari masalah tersebut.
4)        Tinjauan Filosofis
Negara-negara demokrasi menginginkan seluruh rakyatnya menyadari pentingnya hak milih dan memahami fungsi pemerintah,DPR,DPRD, dan sebagainya.Oleh karena itwu pendidikan kewarganegaraan perlu diberikan kepada setiap orang.
5)        Tinjauan Teknologis
Di era globalisasi seperti sekarang ini, tampaknya dunia dilanda oleh eksplosi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berbagai produk yang dihasilkannya. Bila hal ini tidak dilakukan, maka kita akan senantiasa tertinggal sebab bagaimanapun orang tidak bisa menutup diri terhadap segala kemajuan yang melandanya.
6)        Tinjauan Psikologis dan Pedagogis
Bagaimanapun diakui bahwa perkembangan iptek sangat pesat punya dampak dan pengaruh besar terhadap berbagai konsep, iptek , dan metode pandidikan. Oleh sebab itu, tugas pendidikan jalur sekolah yang utama sekarang ialah mengajarkan bagaimana cara belajar, menanamkan motivasi yang kuat dalam diri anak untuk belajar terus sepanjang hidupnya , memberikan skill kepada anak didik secara efektif agar dia mampu beradaptasi dalam masyarakat yang cenderung berubah secara cepat.
Sebagai pokok dalam pendidikan seumur hidup adalah seluruh indivindu harus memiliki kesempatan sepanjang hidup.Semua itu dengan tujuan untuk menyembuhkan kemunduruan pendidikan sebelumnya, untuk memperoleh skill yang baru, untuk meningkatkan keahlian mereka dalam upaya pengertian tentang dunia yang mereka tempati, untuk pengembangan kepribadian dan tujuan-tujuan lainnya. Konseptualisasi pendidikan seumur hidup merupakan alat untuk mengembangkan individu-individu yang akan belajar seumur hidup agar bernilai bagi masyarakat.

SUMBER:
Arief S.Sadiman.2010.Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatanya.Jakarta: Rajawali Pers.
Buchari Alma,2009.Kewirausahaan.Bandung: Alfabeta
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Idris, Zahara.1981.Dasar-dasar Kependidikan. Bandung: Angkasa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar